5 Element Penting dalam Marching Band

Dewasa ini, banyak sekali tumbuh unit Marching/Drum Band baru diberbagai penjuru kota maupun desa di indonesia. Baik yang lahir dari Instansi pemerintah atau perusahaan swasta, Universitas, Sekolah, maupun Organisasi atau Komunitas. Namun, tidak sedikit dari jumlah pertumbuhan Unit Marching / Drum Band tersebut juga diikuti oleh kevakuman kegiatan beberapa Unit lain dari generasi sebelumnya, karena proses membangun dan menjaga keutuhan sebuah unit Marching / Drum Band secara berkelanjutan bukanlah sesuatu yang mudah.

Memiliki sebuah Marching band yang sehat dan memiliki aktifitas yang berkelanjutan tanpa batas adalah idaman bagi seluruh umat Marchingers di dunia. Berikut adalah 5 element penting dalam Marching Band yang kiranya perlu dimiliki dalam menjaga dan membangun sebuah unit Marching/Drum Band :

  • Ketersediaan Sumber Daya Pemain yang tidak terbatas

Ketersediaan jumlah pemain memiliki peran utama dalam sebuah unit Marching/Drum Band, karena Marching/Drum Band pada hakikatnya adalah sebuah entertaint musik yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam jumlah yang besar/ramai, dengan output sebuah penampilan yang menghibur untuk khalayak ramai. Oleh karena itu sebaiknya sebuah Unit Marching Band dapat memiliki sumber daya pemain tidak terbatas sehingga roda kegiatan dan program unit dapat terus berjalan dengan lancar secara berkelanjutan.

  • Orientasi & Tujuan Latihan

Penting untuk sebuah Unit untuk memiliki sebuah visi & misi sebagai bentuk karakter, budaya dan pedoman haluan kegiatan dari suatu Unit Marching /Drum Band tersebut. Hal tersebut akan membantu dalam mengorientasikan program – program unit, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek dengan target dan tujuan yang jelas. Ibarat sebuah perjalanan tanpa tujuan yang jelas, akan menjadi sebuah perjalanan yang membosankan meskipun cukup menyenangkan pada awalnya.

  • Event & Kegiatan Rutin

Apa jadinya bila sebuah Unit Marching/Drum Band hanya memiliki 1 Agenda kegiatan/event yang diikuti dalam 1 tahun? Pastinya aktifitas Unit tersebut akan menjadi tidak kondusif baik secara teknis maupun non teknis. Event atau kegiatan Marching Band – seperti Parade, Band/Concert Show hingga Kompetisi/lomba – bisa menjadi sebuah trigger dari segala aktifitas di Unit tersebut. Semangat berlatih, kemauan meningkatkan skill teknis hingga rasa kebersamaan akan tumbuh dengan sendirinya untuk dapat memberikan penampilan terbaik dari hasil latihan yang panjang dan terprogram.

  • Dukungan Pihak-Pihak Terkait

Dukungan penuh dari Pemilik/Induk (Instansi/perusahaah/sekolah/universitas) adalah syarat mutlak dari lancar tidaknya aktifitas kegiatan & prestasi Unit Marching Band yang dimilikinya – walaupun adanya pergantian pimpinan direksi/pengurusnya – diharapkan pemahaman dan dukungan tetap sama atau lebih baik. Selain itu, dukungan dari para orang tua & guru/dosen para pemain tidak kalah penting, mengingat para pemain Marching/Drum Band pada umumnya dihuni oleh kelompok umur dari kaum pelajar/mahasiswa. Dan jangan lupa, jalinlah hubungan yang baik dengan Fans setia unit anda, siapa lagi kalau bukan para alumni-alumni pemain yang tiada henti berharap dan mendoakan kemajuan & prestasi Unit Marching/Drum Band tercinta-nya.

  • Sarana & Prasarana yang Memadai

Alamat Musik Marching/Drum Band, Kostum latihan dan penampilan, Lapangan latihan beserta perlengkapannya hingga kendaraan untuk mobilisasi Unit mengikuti event/kegiatan adalah contoh dari sarana & prasarana ideal yang harus dimiliki oleh sebuah unit Marching/drum Band. Namun dalam realitanya masih banyak unit yang memiliki keterbatasan dalam memiliki sarana & prasarana tersebut. Hal itu bukanlah merupakan masalah besar, karena solusi peminjaman atau penyewaan alat, kostum hingga lapangan dan kendaraan bisa menjadi salahsatu cara untuk mengatasinya.

(photo credit: Rizky Milaz, via Maheswari Photography)

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here