Kenangan Terakhir Pengusaha Vic Firth

Stick Drum Vic Firth

Dunia musik telah kehilangan Vic Firth yaitu pendiri dan sekaligus pemilik perusahaan Vic Firth. Musisi dan sekaligus pengusaha alat musik pemukul drum atau stik drum yang bernama Vic Firth ini meninggal dunia pada tanggal 26 Juli 2015. Berita yang dituliskan dalam Facebook perusahaan itu mengagetkan semua penggemar Vic Firth.

Everett Joseph “Vic” Firth dilahirkan di Winchester pada tanggal 2 Juni 1930 dari pasangan Everett E dan Rosemary Firth. Ia telah bermain musik sejak kecil termasuk mulai belajar alat musik kornet pada usia empat tahun. setelah itu Ia mulai serius mempelajari alat musik lain termasuk piano dan perkusi. Pada usia 16 tahun dirinya telah mendedikasikan waktu untuk bermain perkusi termasuk drum.

Latar belakang berdirinya Vic Firth memang tidak sederhana. Ketika Vic Firth telah bermain di sebuah orkes simfoni di Boston selama lebih dari 12 tahun, maka Ia mulai menemukan tuntutan untuk menemukan pukulan dan suara musik yang indah. Kemudian Vic berpikir untuk membuat stik drum sendiri dan tidak memakai stik drum buatan pabrik. Akhirnya dengan hasil pukulan yang lebih bagus dan kualitas yang tinggi, stik karya Vic mulai dikenal. Selanjutnya produk yang dibuat vic mulai diproduksi dan banyak digunakan oleh pemusik di waktu itu.

Usaha yang dilakukan oleh Vic Firth sebenarnya memang dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk kualitas stik yang bisa menghasilkan suara indah. Atas usahanya ini Firth menerima sebuah penghargaan berupa dokter kehormatan di bidang musik dari New England Conversatory. Bahkan pada tahun 1995 Vic Firth menjadi salah satu bintang Hall of Fame dari asosiasi perkusi internasional. Hasil karya stik dari Vic Firth telah banyak dipakai oleh musisi dari berbagai bidang musik termasuk band dan orkestra. Diantaranya adalah Sheila E, Abe Laboriel, Jr, Tony Royster Jr untuk artis Jay Z dan masih banyak lagi. Kehilangan Vic Firth memang sangat menyedihkan tapi Firth telah meninggalkan karya yang sangat besar untuk musik.

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here