Manfaat latihan Marching Band

Marching Mate

Dunia Marching Band di Indonesia semakin tumbuh dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat pun semakin terbuka dan mengakui bahwa Marching Band merupakan salah satu sarana pemanfaatan dengan belajar musik dan juga memiliki dampak positif terhadap pembangunan karakter manusia. Berikut ulasan singkat mengenai Manfaat latihan Marching Band untuk pengembangan karakter individu :
Kerjasama Tim
Selama proses berlatih Marching Band yang panjang, kita akan dihadapkan pada berbagai karakter manusia (Teman, Pelatih, Pengurus, Crew) dalam berbagai situasi & kondisi. Kita dilatih untuk tidak hanya menahan ego diri, namun juga diharapkan untuk bersama-sama dapat menciptakan suasana berlatih dan hubungan di dalam tim yang saling memotivasi. Adanya sikap Toleransi dan keperdulian ini akan menciptakan rasa saling keterikatan satu sama lainnya, sehingga kondisi di dalam tim akan semakin erat dan kompak (Spirit the Corps).

Melatih Disiplin
Menjalani setiap proses –proses dalam kegiatan MB ternyata tidak hanya melatih diri kita untuk dapat bermain musik dengan teratur sesuai dengan tempo & instruksi pelatih, namun juga dapat mempengaruhi sikap mental kita menjadi lebih responsif, sigap dan percaya diri. Hal ini disebabkan karena dalam setiap kegiatan di Marching Band menuntut kedisiplinan waktu dan sikap kepada setiap pemainnya.
Aktualisasi diri
Marching Band adalah salah satu bentuk seni melibatkan puluhan orang yang bergerak bersama-sama untuk memainkan alat musik dan tarian dengan berbagai bentuk formasi/koreografi. Dengan karakter yang unik tersebut, para pelaku dituntut untuk dapat mengolah berbagai ide dan konsep menjadi sebuah pagelaran/penampilan sehingga menjadi sebuah tontonan karya seni yang menarik untuk dinikmati. Kini berbagai ide dan konsep tim Marching Band semakin kreatif dan spektakuler, hal ini terlihat dari semakin meningkatnya kualitas skill bermusik dan aksi performance dari tiap-tiap Unit. Inilah yang disebut Marching Band mampu mewadahi kemauan tiap anggotanya untuk dapat mengaktualisasikan potensi dirinya semaksimal mungkin.

Belajar Management Tim dan Event
Banyak sekali hal yang dapat anda pelajari saat anda memiliki kesempatan mengelola sebuah Unit Marching Band. Anda akan dituntut untuk dapat menyatukan visi & misi Unit kepada sekian banyak pemain/SDM (sumber daya manusia) sekaligus menyelesaikan permasalahan dan kendala yang ada secara cepat dan tepat. Bagaimana caranya untuk dapat mensinkronisasikan antara kebutuhan Teknis dengan Non teknis, mengelola kemampuan finansial hingga mengatur jadwal yang sistematis dan terpadu, merupakan tantangan yang harus siap dihadapi bagi mereka yang ingin mendapatkan ilmu & pengalaman lebih di Marching Band. Selama proses tersebut, anda akan banyak memiliki kesempatan dalam mengembangkan kemampuan soft skill anda, seperti melatih kemampuan leadership agar mampu menciptakan sebuah tim yang sukses, mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan negosisasi, hingga terlatih dalam melakukan problem solving dalam berbagai permasalahan.

(photo credit: Septemberfest Parade ’13 – 58 via photopin)

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here