Manfaat Marching Band sebagai Ekstrakurikuler pendidikan

ekstrakulikuler marching dan drumband

Di berbagai lembaga pendidikan mulai dari TK hingga Universitas kita bisa menemukan Marching Band sebagai Ekstrakurikuler yang banyak diminati oleh para siswa. Terlepas dari kesan glamor yang ditunjukkan oleh para peserta unit marching band saat mereka tampil lengkap dengan seragam mereka, ada berbagai manfaat yang sebenarnya bisa dirasakan baik secara langsung maupun tidak langsung oleh para anggota ekstrakurikuler ini. Para penyelanggara lembaga pendidikan harusnya sudah cukup jeli untuk bisa melihat manfaat tersebut dan memberikan kesempatan bagi kegiatan ini untuk berkembang di lembaga tersebut.

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan oleh para peserta kegiatan ini adalah melatih sense mereka dalam hal bermusik. Secara ilmiah, musik akan merangsang aktifnya otak bagian kanan yang cenderung jarang digunakan oleh mereka yang sehari-harinya lebih banyak berkutat dengan logika dan angka (baca juga : manfaat drill charts dan dot books). Proses mengaktifkan otak kanan ini juga cukup bermanfaat dalam merangsang kreatifitas setiap orang, sehingga keberadaan Marching Band sebagai Ekstrakurikuler memang tidak bisa dianggap sepele.

Manfaat lain yang secara tidak langsung diajarkan oleh kegiatan ini kepada para anggotanya adalah mengenai kerja sama. Dalam unit marching band, setiap anggota memiliki peranan mereka masing-masing sehingga secara keseluruhan mereka bisa menghasilkan musik dan penampilan yang menarik. Satu kesalahan dari satu anggota akan membuat penampilan mereka menjadi kurang sempurna. Disini setiap anggota diajarkan untuk bertanggung jawab pada peran yang mereka pegang dan sekaligus juga menyadarkan mereka bahwa kerjasama adalah faktor yang sangat penting bila mereka ingin berhasil. Sikap ini bisa diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat yang nantinya akan membuat para anggota menjadi warga yang mampu berperan dan memberi manfaat bagi masyarakat dimana dirinya tinggal.

Bila dilihat dari berbagai manfaat tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa marching band memiliki manfaat dalam membantu para anggotanya untuk berkembang menjadi lebih baik baik secara pribadi maupun sebagai makhluk sosial (baca juga : manfaat latihan marching band). Tidak heran bila keberadaan Marching Band sebagai Ekstrakurikuler di berbagai tingkat lembaga pendidikan harus dianggap sebagai salah satu bentuk investasi terbaik untuk perkembangan generasi muda di masa yang akan datang.

(photo credit: Rizky Milaz, via Maheswari Photography)

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here