Peran Bagian Dalam Marching Band

Seperti halnya tubuh manusia yang terdiri dari beberapa anggota tubuh yang saling berkoordinasi, marching band pun demikian. Dalam suatu unit marching band, terdapat beberapa bagian yang meliputi pemain, pelatih, manajerial dan pengurus harian (Pada tiap unit nama/sebutannya bisa berbeda-beda, namun Job Description atau peranan kerjanya bisa serupa). Tiap bagian tersebut memiliki peran yang sama penting dan saling membutuhkan satu sama lain, oleh karena itu sangat dibutuhkan sebuah kerjasama dan pengertian antar satu sama lainnya agar tercipta sebuah suasana kegiatan yang nyaman dan kondusif.

  • PENGURUS HARIAN

Dalam Tim Manajemen sebuah Unit Marching Band bisa terdiri dari beberapa bagian struktural, namun secara umum bisa terbagi dalam 2 atau 3 bagian, yaitu : Pengurus Harian, Manajerial/Tim Sukses dan Pemilik/Dewan Direksi. Pengurus Harian adalah orang-orang yang bertugas menjalankan roda organisasi setiap harinya. Segala kebutuhan dan perlengkapan untuk menunjang latihan sehari-hari menjadi tanggung jawab mereka. Stuktural pengurus harian bisa jadi terdiri atas ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara (bisa jadi lebih dari satu bendahara) dan beberapa bidang/divisi pengurus sesuai dengan kebutuhan Unit masing-masing. Contohnya bila Unit Marching Band tersebut adalah Unit Mandiri/Mahasiswa, tentunya membutuhkan program penggalangan dana sebagai sumber income untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan unit tersebut, maka perlu sebuah divisi Dana Usaha.

  • PELATIH

Jumlah pelatih pada umumnya mengikuti divisi yang ada dalam tim tersebut, bila pada suatu unit marching band terdiri dari 4 divisi (Brassline, Pits, Battery, dan ColourGuard) maka setidaknya ada 4 Pelatih untuk tiap divisi tersebut, dengan satu pelatih utama atau juga bisa disebut sebagai Band Director yang bertugas mengkonsep program-program teknis secara menyeluruh, berkoordinasi dengan pelatih-pelatih tiap divisi dan mempertanggungjawabkan-nya kepada Tim Manajemen/pemilik/dewan direksi unit marching band terkait.

  • TIM SUKSES

Sementara untuk Manajerial/Tim Sukses umumnya bertugas membantu kelancaran suatu program jangka pendek tim marching band yang memiliki skala prioritas yang cukup tinggi. Contohnya dalam menghadapi pertandingan atau suatu event tingkat Nasional atau Internasional, yang membutuhkan persiapan khusus dan hal tersebut tidak dapat dilimpahkan kepada pengurus harian lagi karena tanggungjawab dan kesibukan hariannya. Sama halnya dengan pengurus harian, Manajerial/Tim Sukses juga membutuhkan bagian/divisi seusai dengan kebutuhan dan konsentrasi pekerjaaan mereka.

  • CREW

Terakhir, dalam suatu unit marching band ada juga yang biasa disebut dengan official/crew yang memiliki tugas mulia dan peranan penting dalam membantu kelancaran pertunjukan pada hari H. Jumlah para crew tergantung dari kebutuhan pada event yang di hadapi dan dipimpin/dikoordinasi oleh 1 orang atau lebih sesuai dengan kebutuhan. Para anggotanya bisa merupakan anggota unit tersebut sendiri atau pihak luar, biasanya adalah dari para anggota muda tersebut hingga para alumni/fans unit tersebut.

Berikut telah dijelaskan Peran Bagian dalam Marching Band (part-1) pada sisi bagian Non-Teknis. Tulisan ini akan bersambung dengan membahas Peran Bagian dalam Marching Band (part-2) pada sisi bagian Teknis.

(photo credit: Panitia JMC 2013)

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here