Peran Pemain Colour Guard dalam Marching Band

Perkembangan divisi Pemain Colour Guard di dalam marching band ternyata sudah dimulai sejak jaman dahulu, ketika jajahan Inggris berada pada masa perang saudara. Pada waktu itu, terdapat sebuah grup atau band yang terdiri dari pemain Bagpipes dan Drums. Tugas mereka mendampingi prajurit untuk menetapkan tempo marching/baris-berbaris dan memberi semangat. Selain itu, ada pula beberapa prajurit yang bertugas membawa bendera pasukannya yang menjadi tempat guardsmen pertama berdiri.

Perlahan, Divisi pemain Colour Guard dikembangkan oleh Marching Band militer Amerika Serikat. Ide penggunakan bagian khusus ini muncul dikarenakan sudah banyaknya musik yang bisa dimainkan untuk memuaskan telinga, tetapi masih kurang memuaskan mata. Colour Guard pun memiliki tugas memainkan gerak tubuh dan peralatan-peratannya seperti pedang, bendera dan senapan.

Marchingers, tahukah Anda bahwa peranan divisi ini di dalam marching band adalah sebagai penyempurna? Jika para pemain yang bertugas memainkan musik memberikan tampilan suara terbaik, maka para pemain colour guard memiliki tugas menampilkan keindahan dari segi aspek visual. Mereka harus memiliki keahlian dalam penguasaan olah tubuh atau tari, penguasaan bendera, penguasaan senapan, penguasaan pedang dan penguasaan alat pendukung lainnya seperti aksesoris, dan juga penguasaan teatrikal. Selain menari, colour guard juga harus bisa menunjukkan ekspresi wajah, memainkan emosi penonton yang disesuaikan dengan repertoire penampilan.

Menjadi bagian dari pemain Colour Guard ternyata tidak mudah, waktu latihan bisa lebih lama dari anggota dari divisi marching band yang lainnya. bahkan, mereka harus rela mengenyahkan rasa lelah, sakit dan hati yang tertekan selama berlatih. Kompleksnya teknik yang harus dikuasai serta ketangguhan fisik yang harus dimiliki menjadi tantangan tersendiri, dimana seorang anggota colour guard dituntut pula untuk tampil selalu prima.

Pemain colour guard harus memiliki empat penguasaan dasar, yaitu penguasaan olah tubuh, serta 3 penguasaan menggunakan peralatan yang lazimnya mereka gunakan yaitu bendera (flag), pedang (saber) dan senapan (rifle).

  • Bendera (flag) – terdiri dari tongkat dan kain bendera serta pemberat berbahan karet di ujung untuk menyeimbangkan tongkat. Ada empat jenis bendera berdasarkan ukurannya yang dipilih sesuai konsep penampilan, yaitu bendera standar, bendera kecil, bendera pita/sabuk dan bendera besar.
  • Senapan (rifle) – biasa terbuat dari kayu dan tambahan alumunium flat dengan bagian-bagian berupa bottom, neck, bolt, tip dan strap. Rifle yang baik memiliki berat ringan, tetapi cukup kuat sehingga tidak mudah patah, serta seimbang.
  • Pedang (saber) – terbuat dari baja yang kuat dan tahan lama, dengan bagian-bagian meliputi hilt, handle, blade dan tip. Panjangnya sendiri menyesuaikan dari ukuran 32 inchi hingga 39 inchi. Namun, pilihan paling tepat untuk penampilan lebih atraktif yaitu 29 inchi.
  • Peralatan spesial yang telah dimodifikasi, aksesoris tambahan dan perlengkapan untuk perlindungan selama mempraktekkan skill colour guard.

(Credit Video : Music for All)

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here