Tips Jitu mengikuti kegiatan Marching Band

Boleh jadi pada awalnya bergabung di Marching band sekadar mengisi waktu luang atau karena diajak teman. Lama kelamaan marching band malah jadi kegiatan pertama dan utama (padahal ada kegiatan lain seperti sekolah, kuliah, buka lapak, mengerjakan tugas kelompok, menemani ibu belanja ke pasar, juga pacaran). Tak jarang teman yang awalnya mengajak bergabung di marching band malah keluar berganti kegiatan sementara kita “terjebak” dalam kenikmatan meniup,  sticking, atau toast riffle dan pusing menghafal visual display.

imagesPerlu strategi untuk bisa beradaptasi dengan jadwal latihan marching band yang padat merayap, Berikut Tips Jitu mengikuti kegiatan Marching Band supaya bisa lancar latihan sekaligus tetap berprestasi di sekolah, kuliah dan lapak tetap laris. 😀 simak yuk!

  1. Siapkan peralatan perang dalam tas. Topi, sarung tangan, stick, mouth piece (kalau punya sendiri), kain flanel, sebotol air mineral bisa jadi adalah peralatan perang kamu dalam marching. Kalau sampai peralatan perangmu ketinggalan di rumah, gimana bisa perang melawan musuh? Sebelum tidur malam selalu siapkan peralatan dalam tasmu. Minimal pagi hari sebelum berangkat sekolah, kuliah atau buka lapak.
  2. Utamakan sarapan bergizi. Penting untuk mood booster kamu di pagi hari. Ingat, pagi hari boleh juga merenung  tapi semangatmu jangan mendung hanya karena belum sarapan. Gak perlu 4 sehat 5 sempurna, sepiring nasi telor atau segelas sereal cukup untuk menahan naga dalam perutmu berontak.
  3. Selalu minta doa restu orang tua. Klasik dan sepele. Ini penting supaya kamu bisa berlatih dengan tenang dan fokus. Kalau sekarang Marchingers latihannya masih kucing-kucingan sama ortu, gpp, coba aja ajak ortu nonton film tentang marching. Marching band kegiatan positif lho, pastilah orang tua senang anaknya aktif dalam kegiatan positif daripada pulang malam cuma nongkrong.
  4. Berlatihlah sepenuh jiwa raga. Kalau datang latihan jangan hanya raganya tapi hati, jiwa dan pikirannya juga. Datang latihan cuma fisiknya aja tapi pikirannya di rumah dan hatinya di rumah pacar gak akan manfaat. Dijamin deh.
  5. Komitmen pada diri sendiri. Latihan marching memang menyita waktu, tenaga, gak jarang juga uang. Padahal ada kegiatan lain yang membutuhkan hal tersebut. Pulang latihan langsung kerjakan PR atau tugas. Kalau perlu di sela waktu setelah pulang sekolah bisa kerjakan PR sambil menunggu waktu latihan.
  6. Tetap bergaul dengan komunitas di luar marching. Separuh hari sudah dilalui bareng teman di marching band, tapi bukan berarti Marchingers gak punya teman di luar marching kan? Keep contact dengan teman lain via media sosial, datang ke rumahnya atau hang out bareng pas gak ada jadwal latihan.
  7. Atur jam istirahat. Istirahat gak harus selalu tidur lho, yang penting bisa refresh. Datang awal sebelum jam latihan juga termasuk istirahat lho. Dengan datang awal, Marchingers gak terburu-buru di jalan, sampai lokasi juga masih bisa minum teh hangat sambil makan biskuit (macam jamuan minum teh aja ya hehe..)

Itu tujuh tips dan trik yang kami share buat Marchingers, semoga tips dan trik ini bisa dipraktekkan dan bermanfaat.

Andika Ario Hutomo Marching Band

M-Couple

Marching Couple Is In The House Yowh...!!! Keren Banget kaos2 dari Marching Geek, enak dipakai! #MGeekStuff

Dikung (Battery Percussion Coach) - Yogyakarta Mei 24, 2014

Myarti erika gabrielle Pelatih Marching Band

Riang Gembira

baju MGeek udah nyampe & adik-adikku pun bisa latihan dengan riang gembira lol

Gabriella (Colour Guard Coach) - Bali Mei 22, 2014

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here