Tips Menghadapi Lomba Drum Battle: Stay Calm & Enjoy It

Lomba Drum Battle merupakan salah satu bagian dari perlombaan marching band yang digelar baik di tingkat lokal, regional, nasional, ataupun internasional. Pada perlombaan ini yang dilombakan adalah mempertandingkan section battle of percussion. Tentu saja, dalam menghadapi Lomba Drum Battle ini, para peserta hendaknya mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar penampilan mereka nantinya bisa maksimal. Persiapan yang dilakukan tak hanya dari segi materi tetapi juga fisik dan mentalnya. Untuk bisa menghadirkan penampilan yang maksimal, kondisi fisik yang prima serta memiliki mental yang kuat sangatlah diperlukan selain juga meningkatkan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki. Seringkali peserta menghadapi rasa gugup ketika tampil yang membuat penampilan mereka menjadi kurang maksimal. Bahkan, tak jarang peserta yang menjadi over confident dan membuat penampilan tersebut malah tidak beraturan. Oleh karena itu, bila Anda ingin sukses dalam lomba ini, Anda hendaknya mempersiapkan diri sebaik dan sedini mungkin.

Untuk bisa mendapatkan penampilan yang maksimal dalam lomba drum battle, para pemain baik dari tim ataupun individu hendaknya berada dalam kondisi yang tenang serta menikmati setiap aksi yang ditampilkan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan perlombaan drum agar bisa menghasilkan penampilan yang maksimal (Baca juga: Top Secret Drum Corps – Marching Band Non-Militer asal Basel, Swiss).

Ketahui Batas Kemampuan Anda

Sangat perlu untuk dipahami dan di ketahui oleh komposer/pelatih serta pemain-pemainnya mengenai batas kemampuan dari tiap-tiap pemain yang akan bertanding. hal ini bukan mengenai batas kemampuan skill awal saja, namun juga dapat mengukur perkiraan kemajuan skill yang kiranya bisa ditambahkan selama proses persiapan / latihan menuju lomba. Tuntutan permainan yang kompleks dan tidak selaras dengan kemampuan para pemain tentu akan hanya membebani para pemainnya saat tampil nanti, walaupun beberapa pemain dapat bermain dengan percaya diri, namun ini tetap sebuah permainan tim, dimana kebersihan permainan, suara dan visual menjadi tolak ukur utama dalam penilaian. Tim yang bermain dengan teknik tinggi tapi bermain dengan kotor & tidak dapat dinikmati permainannya tidak akan lebih baik dengan sebuah tim yang bermain lebih sederhana dengan hasil lebih bersih kualitas suara dan visualnya.

Kuasai Materi permainan secara Tim

Setiap tim hendaklah menguasai dan memahami materi yang telah dibuat dan akan dimainkan dalam perlombaan tersebut. Dalam hal ini, masing-masing individu dalam tim tersebut hendaklah tetap mengasah skill atau kemampuan Anda kembali terhadap materi yang akan dimainkan. Hal ini sebagai bekal mendasar agar mereka bisa menghadirkan penampilan yang maksimal. Ketika materi sudah dikuasai dan dipahami dengan baik, ini akan menciptakan kondisi mental yang lebih tenang dan nantinya bisa menikmati setiap permainan yang dilakukan. Penguasaan Materi ini sebaiknya dapat dilakukan secara grup / bersama-sama secara tim agar pencapaian tiap peserta bisa sama dan kompak. Penguasaan Materi secara hanya individu tidak akan membantu banyak, karena apabila ditemukan gap skill antar pemain saat pertandingan berlangsung, dampak penilaian tetap secara tim/kolektif.

Visual & Aksesoris untuk mempercantik, bukan mempersulit

Selain itu, setiap tim yang akan mengikuti perlombaan tersebut hendaklah juga bisa menguasai lapangan dengan baik. Tim hendaknya mempersiapkan diri dengan materi penguasaan lapangan serta konsep penampilan baik dari segi visual ataupun gaya yang dihadirkan. (Baca juga: Manfaat Drill Charts dan Dot Books) Dengan memahami teknik penguasaan lapangan yang tepat baik secara visual ataupun gaya, tim akan bisa menampilkan penampilan yang lebih cantik, terlebih apabila aksesoris & kostum penampilan yang dipakai dapat mendukung konsep penampilan Anda.

Namun terkadang, materi display dan visual yang tidak dilatih dengan sungguh-sungguh, dipersiapkan dengan matang atau berlebihan malah bisa menjadi bumerang tersendiri pada Anda. Terlebih bila memakai Aksesoris/pakaian yang Anda sendiri tidak sempat beradaptasi dengan baik saat tampil. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri / mental Anda saat telah bertanding face to face dengan lawan Anda. (Baca juga: Konsep “Jaga Bentuk” Display Marching Band).

Try Out – Latih Mental Anda sebanyak mungkin

Ketika menghadapi lomba drum battle, setiap tim hendaknya juga tak hanya mempersiapkan diri secara materi tetapi juga dari segi fisik dan mental. Untuk mengoptimalkan persiapan menjelang perlombaan, sebaiknya Tim Anda bisa latihan atau perform di depan umum sesering mungkin, sesuai dengan konsep dan materi yang akan ditampilkan. Dengan melakukan latihan di depan umum sesering mungkin, ini akan melatih kemampuan mental, ketenangan bermain dan kenyamanan Anda ketika nantinya berada di pertandingan nanti. Hal ini juga akan mengurangi demam panggung yang seringkali melanda peserta lomba dimana mereka menjadi tidak bisa tampil maksimal di hadapan juri ataupun penonton.

Setiap kali Anda try out, evaluasilah hasil penampilan Anda tersebut secara bersama-sama. Nasehat, saran dan kritisi dari para penonton maupun kawan disebelah Anda adalah HAL YANG PALING BERHARGA selain penilaian dari Pelatih Anda. Anda harus ingat, bahwa dalam setiap pertandingan battle yang pertama kali harus Anda harus kalahkan adalah diri Anda dahulu, baru Anda bisa mengalahkan lawan Anda.

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.