Top Secret Drum Corps – Marching Band Non-Militer asal Basel, Swiss

Apakah yang Sobat MGeek pikirkan saat mendengar kata drum band atau marching band? mungkin yang terbesit dalam pikiran kita adalah sekelompok orang yang memainkan bermacam jenis musik pukul dan tiup dalam acara parade atau karnaval 17an. Namun Anda perlu ketahui, Marching band justru awalnya berasal dari luar negeri dan banyak sekali grup populer di berbagai belahan dunia, salahsatunya adalah Top Secret Drum Corps – Marching Band Non-Militer asal Basel, Swiss.

Pernahkah Anda mendengar tentang Top Secret Drum Corps? Grup perkusi atau battery percussion ini termasuk yang paling bergengsi, sangat sensasional. Top Secret Drum Corps berbasis di Basel, Swiss. Anggotanya terdiri dari 25 orang laki-laki muda yang berperan sebagai player battery dan colorguard (Baca juga: Tips Menghadapi Lomba Drum Battle).

Usia Top Secret Drum Corps ternyata telah mencapai 15 tahun. Korps ini berdiri di tahun 1990 dan mulai dikenal secara internasional setelah tampil di Royal Edinburgh Military Tattoo, sebuah festival tahunan di Swiss. Sejak saat itu, penampilan berdurasi kurang lebih 6 menit dari Top Secret Drum Corps menjadi hal yang paling ditunggu. Berkat undangan ke Edinburgh, Corps ini menjadi drum band non-militer dan non-Persemakmuran Inggris pertama yang tampil di Esplanade, Kastil Edinburgh.

Kota Basel, Swiss memiliki tradisi penampilan drumline yang kaya dan terkenal akan karnaval tahunannya yang disebut Fasnacht Basel. Ada lebih dari 3000 drummer aktif yang tampil di acara-acara tradisional seperti Fasnacht dan berbagai parade disana. Walaupun bukan berasal dari militer, gaya drum Basel termasuk militeristik, berasal dari model latihan drum band tentara Swiss di masa Abad Pertengahan.

Walaupun mewarisi gaya lama, ternyata Top Secret Drum Corps dapat menampilkan lagu-lagu marching band lama di Basel dengan lebih optimis dan menyenangkan. Jadi, saat mendengar permainan mereka, Sobat MGeek tidak akan merasa bosan. Selain itu, kelompok ini juga menambahkan atraksi menggunakan stik drum, duel antar pemain battery, teknik permainan colourguard dan detail humoris lainnya.

Masih berpikir bahwa anggota Top Secret Drum Corps merupakan orang-orang yang berasal dari militer? Bila ya, maka Anda salah besar. Para personil korps ini justru memiliki pekerjaan harian yang beragam seperti pegawai negeri sipil, karyawan bank, pekerja pabrik dan lain-lain. Meskipun tidak memiliki latar belakang militer, mereka adalah para pemukul drum yang sangat berdedikasi (Baca juga: Manfaat Marching Band sebagai Ekstrakurikuler pendidikan).

Hal ini bisa dilihat dari peta perjalanan mereka. Top Secret Drum Corps telah menunjukkan kemampuannya ke seluruh dunia termasuk Wales, China, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Rusia dan negara-negara di seluruh Eropa seperti Perancis, Belanda dan Jerman. Untuk bisa melihat seperti apa keahlian para drummer muda yang tergabung dalam Top Secret Drum Corps, Sobat MGeek bisa mencari videonya di Youtube.

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here