untuk pertama kalinya, WGI Indonesia 2016 sukses digelar

wgi indonesia 2016

Ada cukup banyak ajang kompetisi marching band, drum battle / percussion contest, ataupun guarding contest yang diselenggarakan di Indonesia baik nasional ataupun internasional. Salah satunya sobat MGeek bisa menemukan beragam lomba tersebut di ajang internasional marching band bertajuk Winter Guard International atau WGI Indonesia 2016. Apakah ajang WGI ini?

Mengenal Ajang WGI Indonesia 2016

WGI adalah singkatan dari Winter Guard International yang diselenggarakan di beberapa negara di dunia. Ini adalah ajang kompetisi marching band internasional yang bisa diikuti oleh negara – negara luar negeri. Ajang ini didukung oleh pihak Thailand World Music Championship, Jember Open Marching Competition, Pemprov Jawa Timur, dan Persatuan Drum Band Indonesia. Ajang ini dilangsungkan secara rutin di Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Ajang kompetisi marching band tingkat internasional bertajuk WGI Indonesia 2016 ini sukses digelar pada 21 – 23 Oktober 2016 lalu. Ada sedikitnya 12 peserta yang resmi mendaftar di kompetisi ini dari Indonesia dan beberapa negara luar negeri seperti Filipina, Taiwan, Malaysia, dan Thailand. Lokasi penyelenggarakan ajang kompetisi ini dilakukan di Stadium  Univesitas Pembangunan Nasional Veteran di Surabaya Jawa Timur. Jajaran dewan juri ini didatangkan langsung dari WGI Amerika sehingga acara ini sangat kompeten dan berkualitas sebagai acuan untuk menjadi grup marching band terbaik.

Ada tiga kategori yang diperlombakan di ajang internasional ini yaitu Brass Wind Contest, Percussion Ensemble, dan Color Guard Contest. Untuk jumlah pesertanya mencapai 3 ribu orang yang terbagi dalam beberapa kelompok marching band seperti Maxx Percussion Thailand, Casanova Yogyakarta, Untillet Color Guard Bogor, UPN Veteran Surabaya, Marching Band Semen Indonesia Gresik, Drum Vorp Arek Suroboyo, Ken Arok Duta Swara Malang, dan Bhanana Cendana Kartika Duri Riau. Pertunjukan yang ditampilkan peserta bagus – bagus semuanya sehingga membuat decak kagum penonton. Setelah menampilkan permainan terbaiknya, peserta yang menang di lomba ini ditentukan oleh dewan juri yang memperoleh nilai tertinggi dari beberapa aspek penilaian.

Pertunjukan yang ditampilkan peserta sangat luar biasa sehingga membuat decak kagum penonton. Setelah menampilkan permainan terbaiknya, peserta yang menang di lomba ini ditentukan oleh dewan juri yang memperoleh nilai tertinggi dari beberapa aspek penilaian.  Pemenang Color Guard Contest dimenangkan oleh Marching Band Semen Indonesia dan runner up The Glavarious dan Percussion contest dimenangkan oleh Vincero Uno.

GRATIS!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here